service@naturalnusantara.co.id (0274) 6499191

5 Strategi Youtube Marketing yang Efektif

Penulis Safra Mikdar Hafis (DD)

Media sosial memang telah banyak mengubah dunia bisnis. Jika dulu kita menjual produk melalui teknik pemasaran langsung ke konsumen maka sekarang kita dapat melakukannya secara jarak jauh dengan cara online.

Sarana pemasaran online yang bisa dipilih oleh pebisnis banyak ragamnya. Mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, dan yang tak bisa disepelekan lagi adalah YouTube. Dengan jutaan konten video dan jutaan pengguna yang dimilikinya, YouTube menjadi salah satu media promosi yang harus diperhitungkan dalam marketing.

Berikut beberapa tips youtube marketing yang bisa diterapkan :

PILIH KATA KUNCI YANG TEPAT UNTUK MENAIKKAN SEARCH ENGINE OPTIMIZAION (SEO)
Satu-satuny acara para calon pembeli menemukan video penjualan kita adalah melalui search engine atau mesin pencari. Oleh karena itu, penting bagi penjual untuk mencantumkan kata kunci yang mudah ditemukan search engine. Gunakan kata yang mencerminkan bisnis seller secara menyeluruh, gunakan kata yang paling umum diketik dan dicari orang melalui search engine.

Misalnya jika kita ingin mengambil target konsumen pelaku budidaya kelapa sawit, maka jangan hanya menulis judul nama produk saja, karena tidak semua calon konsumen mengenal nama produk tersebut. Oleh karena itu, selain nama produk, kita bisa menambahkan kata kunci yang paling sering diketik oleh calon konsumen. Misalnya : pupuk kelapa sawit, pupuk organik, atau organik NASA.

Rumus kata kuncinya adalah kata kunci utama + kata kunci turunan + kata kunci modifikasi, misalnya : 'Cara Meningkatkan Produksi Kelapa Sawit dengan Produk NASA, Pasti Jitu'. 'Kelapa Sawit' adalah kata kunci utama yang memudahkan mesin pencari menangkap video kita, 'Cara Meningkatkan Produksi' dan 'Produk NASA' adalah kata kunci turunan dan 'Pasti Jitu' adalah kata kunci modifikasi untuk membuat judul lebih menarik.

DESKRIPSI VIDEO
Terdapat deskripsi video di dalam video youtube yang kita posting. Usahakan untuk mengisi deskripsi video dengan kata kunci sebanyak 4-8 kali kata kunci yang ditargetkan. Hal ini untuk mempermudah calon konsumen menemukan video marketing kita. Makin banyak deskripsi yang ditulis akan memberi nilai tersendiri bagi mesin pencari.

PENULISAN TAGS
Sama halnya dengan deskripsi tadi, penulisan kata harus sesuai dengan kata kunci yang memang benar-benar kita targetkan, Letakkan kata kunci utama di awal tags baru kemudian ikuti dengan kata kunci- kata kunci turunan. Misalnya : kelapa sawit, pupuk NASA, harga pupuk kelapa sawit dan sejenisnya.

VIEW, LIKE AND SUBSCRIBER
Sudah kita ketahui bersama bahwa komponen penting yang juga tidak boleh ditinggalkan dalam SEO Youtube adalah Views, Like And Subscriber. Keberadaan tiga komponen ini mengindikasikan kesesuaian konten dengan keinginan para viewer. Oleh karenanya buatlah video yang jelas, informatif dan menarik sehingga viewer betah menonton. Semakin banyak dan semakin lama video ditonton orang, maka semakin mudah video kita muncul di search engine.

CANTUMKAN ALAMAT TOKO ONLINE
Tak ada artinya jika video kita ditonton ribuan bahkan jutaan viewers namun tidak mampu mengajak mereka untuk membeli produk tersebut. Oleh sebab itu, kita perlu menuntun mereka agar mengunjungi website atau toko online. Caranya dengan mencantumkan alamat website atau toko online pada video produk.